GAPMMI - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia
Rubrik : Berita PERINDUSTRIAN
Regulasi produk makanan perlu disederhanakan
Selasa, 20 Maret 12 - by : admin
JAKARTA - Kementerian Perindustrian meminta Badan/ Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) menyederhanakan regulasi produk makanan dan minuman untuk mengurangi birokrasi ganda.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Benny Wachjudi mengatakan penyederhanaan birokrasi dapat dilakukan khususnya kepada produk yang telah memiliki standar nasional Indonesia (SNI) tidak perlu diuji ulang di laboratorium.

"Pemeriksaan untuk makanan dalam negeri [MD] yang sudah ber-SNI sebaiknya tak perlu dicek lagi karena akan redundant [mengulang]. Kita harus percaya dengan sistem nasional yang dilakukan di bawah pembinaan Kemenperin," katanya akhir pekan lalu.

Namun, bagi produk makanan yang dinilai berbahaya ataupun yang dapat menimbulkan kesalahan persepsi konsumen, Kemenperin memberikan dukungan kepada BPOM untuk menegak kan aturan.

"Aturan harus ditegakkan terutama untuk melindungi konsumen, kesehatan dan keselamatannya, tetapi ada juga aturan-aturan yang seharusnya bisa disederhanakan," ujarnya.

Sehubungan dengan itu, BPOM melarang PT Kinocare Era Kosmetindo (Kino) mengedarkan produk Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga. Perintah BPOM ini berdasarkan hasil pengawasan terhadap obat tradisional di pasaran yang dilakukan secara berkala.

Dalam pengawasan tersebut, BPOM menemukan produk minuman itu menggunakan penandaan yang tidak sesuai dengan persetujuan badan tersebut.

Perintah tersebut tertuang dalam surat BPOM No. PW.10.01.431.02.12.0533. Surat peringatan itu ditujukan kepada Kino tertanggal 14 Februari 2012.

Menurut BPOM dalam surat itu, penandaan produk tersebut melanggar Peraturan Menteri Kesehatan No. 246/Menkes/V/1990 tentang Izin Usaha Industri Obat Tradisional dan Pendaftaran Obat Tradisional Pasal 32 Ayat (1) dan (2).

sumber : Bisnis Indonesia
GAPMMI - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia : http://www.gapmmi.or.id
Versi Online : http://www.gapmmi.or.id/?pilih=lihat&id=13412